Sejumlah Desa di Aceh belum Berlistrik

By Detik Aceh Admin Pada Selasa, 26 Februari 2013 0 komentar
BANDA ACEH - Sejumlah desa di Aceh Utara dan Aceh Timur, hingga saat ini belum tersambung jaringan listrik. Desa-desa tersebut umumnya berada di pedalaman. PLN akan menuntaskan perluasan jaringan ke seluruh pelosok Aceh pada 2015 mendatang.

Menurut Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Aceh, Said Mukarram, hingga saat ini masih ada 9,14 persen wilayah di Aceh belum tersedia jaringan PLN. “Jaringan PLN belum menjangkau semua daerah pesisir dan pedalaman. Kami berharap kerja sama pemerintah setempat dan investor untuk perluasan jaringan,” katanya kepada Serambi, baru-baru ini.

Di Aceh Utara, sebut Said, PLN mencatat beberapa desa yang belum teraliri listrik yang tersebar di Kecamatan Cot Girek, Sawang, dan beberapa kecamatan lain. “Di Aceh Timur, seperti Desa Tualang Sawet, Alur Kentang, dan Blang Simpo. Desa-desa ini sudah masuk dalam daftar jaringan PLN yang akan disediakan tahun ini,” papar Said.

Pada bagian lain, Said Mukarram menyebutkan saat ini pelanggan PLN Aceh sudah 1 juta lebih. Menurutnya, Aceh mengalami surplus energi. Saat ini PLN mempunyai investasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Nagan Raya dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Peusangan. Selain itu PLN juga mendapat suplai energi dari PLTU swasta.

“Kami siap bekerja sama dengan investor lokal maupun luar daerah untuk mendayagunakan sumber energi baru, seperti energi tenaga surya dan panas bumi yang ada di Aceh,” pungkasnya.[aceh.tribunnews.com]

0 komentar di Sejumlah Desa di Aceh belum Berlistrik: